Pakaian yang Cocok untuk Acara Seminar, Sopan Trendy!

Pakaian yang Cocok untuk Acara Seminar, Sopan Trendy!

23 Sep 2022 08:50:51

Pakaian yang cocok untuk acara seminar memang sebaiknya formal atau resmi. Namun, Anda tetap bisa bergaya chic dan sopan dengan pilihan outfit yang tepat.

Untuk mendapatkan outfit yang kece tersebut, Anda harus tahu triknya. Mulailah dengan pintar memilih baju, bawahan, dan item fashion yang pas sehingga tampilannya terlihat trendy dan berkelas.

Setelah pilihannya sudah sesuai, Anda harus pandai dalam memadu padankan pakaian tersebut supaya tampilannya terlihat stand out!

Dengan tampilan yang keren seperti itu, Anda tak perlu ragu bila harus berangkat ke acara lain yang bertema santai setelah menghadiri seminar.

Artikel ini akan membahas item fashion yang cocok buat pakaian seminar dan trik memadu padankannya. Selamat menyimak.

Memilih pakaian yang cocok untuk acara seminar

Seperti diketahui, seminar merupakan acara resmi yang tidak memungkinkan seseorang bergaya kasual. Namun, bukan berarti gaya ini tidak bisa dimasukkan sebagai unsur terkecil dalam penampilan Anda ketika menghadirinya.

Memilih pakaian yang cocok untuk acara seminar

Anda tetap boleh memasukkan item bernuansa kasual ke dalam keseluruhan penampilan ini. Unsur kasual ini akan memberikan kesan semi formal.

Hal tersebut tidak masalah. Anda tetap boleh pakai outfit dengan konsep semi formal ke acara seminar atau forum akademik semacamnya.

Lebih jelas, di bawah ini akan sampaikan beberapa opsi agar pilihan pakaian dan warnanya pas buat acara resmi:

1. Bawalah blazer, jaket, dan jas

Item pakaian yang cocok untuk seminar adalah blazer wanita, jaket, atau jas. Item ini akan memberikan kesan formal dalam penampilan Anda.

Jika tampilan dasarnya adalah baju untuk seminar yang kasual, maka jas dan blazer bisa membuat tampilannya lebih rapi dan resmi.

Dengan jas, jaket, dan blazer, Anda bisa menampilkan kesan formal dan semi formal dengan mudah. Tergantung outfit dalamnya apa. Apakah kemeja, kaos, atau baju lainnya.

2. Meminimalkan pemakaian aksesori

Aksesori memang masih boleh dipakai dalam outfit seminar. Namun sebaiknya jumlah aksesorinya juga tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu mencolok.

Adapun contoh item aksesori yang biasanya dipakai saat forum akademik adalah jam tangan, bros, ikat pinggang, dan tas.

Tas yang dimaksud di sini bisa beraneka macam. Tergantung jenis seminarnya juga. Kalau seminarnya santai dan tidak membutuhkan laptop, maka tas kecil saja sudah cukup.

Sebaliknya, jika konten seminarnya resmi dan membutuhkan laptop, maka dibutuhkan tas yang lebih besar seperti ransel.

Di antara contoh konten yang resmi adalah tema seminar kepemudaan tentang IT. Di sini, jelas Anda membutuhkan laptop sebab topik yang diangkat adalah hal yang berbau digital.

Atau, jika memang tidak ingin ribet membawa laptop, Anda bisa cukup membawa tablet yang ditaruh di dalam clutch. Di dalamnya nanti juga akan ada buku catatan kecil dan alat tulis.

Namun perlu diperhatikan bahwa kadang dalam seminar-seminar resmi, peserta sudah difasilitasi dengan tas seminar. Tasnya umumnya dipesan dari produsen terbaik dan berpengalaman sehingga sangat fungsional dan awet.

Bila sudah ada fasilitas semacam ini, Anda tidak perlu lagi membawa tas dari rumah. Cukup pakai aksesori kecil yang tidak terlalu mencolok agar pakaian yang dikenakan tetap terlihat rapi dan sederhana.

3. Alas kaki yang sesuai

Sepatu adalah opsi yang paling tepat untuk dikenakan saat menghadiri forum resmi. Namun ingat, sepatu yang dimaksud bukan sembarangan.

Sebaiknya, Anda memilih sepatu pantofel atau sepatu kulit dengan warna yang netral. Umumnya hitam, tapi Anda juga bisa pilih warna lain untuk memberikan kesan semi formal.

Warna lain tersebut misalnya krem, coklat tua, atau yang lain.

Khusus untuk wanita, hindari memakai sepatu berhak tinggi yang kurang nyaman dipakai dan mencolok.

Selain menghindari model yang tidak nyaman. Baik cowok maupun cewek harus sama-sama menghindari sepatu berkonsep trendy yang model dan warnanya mencolok. Contohnya adalah sepatu unik yang umum dipakai untuk hangout.

4. Pilihan dan padu padan warna

Perpaduan warna dalam sebuah penampilan harus bisa disesuaikan dari ujung kepala sampai kaki. Maka dari itu, masing-masing item harus dipilih warna yang paling tepat dan sesuai. Sesuai dengan acaranya, sesuai pula padu padannya.

Pilihan dan padu padan warna

Bila sepatu atau alas kaki sebaiknya hitam atau warna netral lain, maka atasan dan bawahannya pun harus disesuaikan.

Anda bisa memilih kemeja berwarna putih dengan pilihan bahan yang nyaman digunakan dan tidak terlalu kaku. Kemudian ditutup dengan blazer atau jas dengan warna senada.

Untuk cowok, Anda bisa mengenakan dasi jika memang pakai kemeja. Tapi dasi ini tidak wajib. Kalau mau bergaya semi formal, kaos yang menutup leher bisa jadi pilihan dengan tetap ditutup memakai jas.

Buat perempuan, bawahan yang pas adalah rok sepan. Buat yang berjilbab, pilihlah rok yang panjang. Sementara buat yang tidak berjilbab dan terbiasa mengenakan pakaian pendek, rok selutut adalah item terbaik.

Demikian informasi tentang pakaian yang cocok untuk acara seminar. Apabila Anda sedang mencari kebutuhan seminar seperti tas berbagai macam bentuk, kami siap membantu. Pesanan besar, kualitas terbaik, dan proses pengerjaan yang tepat waktu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp