Inspirasi Baju untuk Seminar Wanita Pria Paling Kece

Inspirasi Baju untuk Seminar Wanita Pria Paling Kece

22 Sep 2022 01:13:05

Cari inspirasi baju untuk seminar yang paling sesuai? Pilih yang formal atau semi formal untuk memberikan kesan positif.

Seminar merupakan salah satu kegiatan akademis yang didatangi oleh banyak praktisi dan akademisi. Maka dari itu, saat menghadirinya Anda harus memakai outfit yang sesuai. Jangan sampai salah kostum dan terlihat kurang sopan.

Di sini, Anda akan bertemu dengan pemateri atau pembicara yang sudah ahli di bidangnya. Jika berpakaian secara asal-asalan, maka tampilan akan terlihat kurang pantas dan terlihat tidak hormat terhadap acara dan orang-orang penting yang datang pada kegiatan tersebut.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa contoh outfit pakaian seminar yang kece dan pantas sehingga tidak menyalahi aturan.

Ide dan inspirasi baju untuk seminar terbaik

Ide dan inspirasi baju untuk seminar terbaik

Agar bisa pantas dan cocok dengan kegiatan yang dihadiri, Anda harus memilih pakaian yang tepat. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih baju buat acara seminar adalah:

1. Jenis kelamin

Pertama, kami sarankan untuk memilih baju sesuai jenis kelaminnya. Untuk pria, pakailah baju buat cowok. Sementara untuk wanita, pakailah baju buat cewek.

Ini penting! Sebab saat ini makin banyak orang yang berpenampilan tidak pada tempatnya. Cowok berpakaian ala cewek, sementara cewek menggunakan pakaian ala cowok hingga terlihat sangat maskulin.

Meskipun pakaiannya sopan, rasanya penampilan seperti ini kurang pantas dipakai pada acara resmi. Baik itu saat datang sebagai peserta maupun pada saat diundang menjadi pembicara atau narasumber.

2. Setelan atas

Setelan atas yang bisa dipakai saat kegiatan formal sebaiknya disesuaikan dengan tema acara. Seperti diketahui, ada banyak jenis dan tema seminar. Misalnya tema keuangan, keperawatan, kedokteran, parenting, dan yang lainnya.

Masing-masing jelas punya konsep kegiatan yang berbeda. Ada yang memang sangat serius, ada pula yang sedikit santai.

Nah, pilihan item atasan bisa memberikan kesan formal dan semi formal pada outfit Anda di hari tersebut.

Untuk pria misalnya, dengan mengenakan kemeja panjang, kesan formal jelas langsung bisa didapatkan. Sebaliknya, memakai kaos berkerah yang diberi tambahan jas sebagai outer akan memberikan kesan semi formal.

Pastikan bahwa fashion ini sesuai dengan gaya dan karakter Anda sehingga terasa nyaman untuk dipakai.

3. Pilihan bawahan

Selanjutnya, Anda harus memilih bawahan yang sesuai. Untuk acara formal dan semi formal, bawahan yang cocok dipilih adalah celana kain. Agar dapat membedakan resmi atau agak kasual, Anda bisa memilih berdasarkan warnanya.

Untuk warna-warna cenderung gelap, seperti hitam sangat cocok untuk penampilan bergaya formal atau resmi. Sementara warna-warna seperti khaki bisa masuk untuk acara formal maupun kasual tapi tetap sopan.

Buat wanita, bawahan yang cocok adalah rok berbahan kain. Modelnya bisa apa saja asalkan sopan. Boleh pakai rok span, boleh juga rok potongan A yang tidak terlalu lebar sehingga tetap nyaman digunakan di acara tersebut.

Namun, saran kami tetap gunakan rok yang potongannya lurus saja seperti span. Tapi, pastikan roknya tetap nyaman dipakai bergerak.

4. Alas kaki yang tepat

Inspirasi baju untuk seminar tidak akan lengkap tanpa alas kaki yang tepat. Untuk acara seperti ini, sepatu adalah satu keharusan. Jangan pakai sandal, apalagi sandal jepit.

Kalau memang ingin tampil sedikit kasual dalam batas sopan, gunakan sepatu selop. Artinya, bagian depan kaki masih tertutup sementara bagian belakangnya terbuka.

Opsi kedua ini cukup menguntungkan, khususnya buat Anda yang mau menghadiri acara santai setelah seminar. Jadi, tidak perlu membawa banyak alas kaki, cukup satu dan bisa masuk di berbagai acara.

Hindari memakai model sepatu yang terlalu ekstrem. Tetap pilih model sepatu yang cocok dengan gaya formal atau semi formal.

5. Aksesoris yang perlu

Ada banyak jenis aksesoris yang bisa dipakai pada acara seminar. Misalnya, jam tangan, dasi, syal, ikat pinggang, hingga tas.

Pilih aksesori yang bisa menunjang penampilan sekaligus memiliki fungsi yang baik untuk kegiatan seminarnya.

Misalnya, tas seminar bisa digunakan untuk membawa tablet, buku, alat tulis, hingga laptop. Ini adalah salah satu aksesori dari inspirasi baju untuk seminar yang cukup penting dan fungsional. Maka dari itu, Anda harus memilihnya dengan bijak.

Bahkan, bagi panitia atau orang yang bertanggung jawab atas seminarnya, tas ini juga perlu untuk menyimpan dokumen penting seperti berita acara seminar, notulen, atau catatan lainnya.

Contoh pilihan baju seminar

Contoh pilihan baju seminar

Setelah memperhatikan poin penting dalam memilih baju untuk seminar, sekarang Anda perlu mencoba memadu padankan bajunya. Silakan cek contoh di bawah ini untuk mengetahui pakaian apa yang cocok untuk Anda kenakan:

1. Padanan outfit acara formal paling bagus

Opsi pertama yang bisa Anda ambil adalah memadukan atasan dan bawahan secara menyeluruh secara formal. Jadi, konsepnya adalah formal look baik buat cewek maupun cowok.

Tampilan formal ini akan memberikan kesan yang bagus dari orang-orang yang hadir di acara tersebut.

Buat cowok, formal look bisa didapatkan dengan memakai setelan jas, lengkap dengan kemeja dan aksesori penunjang.

Untuk cewek, look yang resmi bisa diperoleh dengan memakai kemeja, bawahan rok kain, dengan outer jas yang warnanya senada dengan bawahannya. Pakai aksesori yang tidak terlalu menonjol. Boleh pakai bros asalkan masih masuk dengan tema dan tidak terlalu mencolok.

2. Outfit semi formal wanita dan pria

Semi formal memberikan kesan santai tapi tetap sopan. Untuk cewek, Anda cukup memakai kemeja biasa tanpa jas. Atau, pakai baju biasa (bukan kemeja resmi) yang diberi outer jas kasual.

3. Baju untuk seminar hijab

Buat Anda yang berhijab, tema bajunya hampir sama. Hanya saja, auratnya harus tertutup dan gaya berhijabnya harus disesuaikan. Pastikan bahwa jilbabnya ditata rapi dan tidak berantakan.

Itulah beberapa inspirasi baju untuk seminar paling keren. Jika Anda butuh seminar kit atau tas kece buat hadir, kami selaku produsen tas seminar siap membantu. Cukup hubungi kami sekarang dan tim akan membuatkan produk paling kece dan sesuai dengan penampilan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp