Contoh Undangan Seminar Bahasa Inggris Formal

Contoh Undangan Seminar Bahasa Inggris Formal

16 Jun 2024 02:10:19

Yuk cari tahu cara bikin contoh undangan seminar bahasa inggris formal buat persiapan. Kenali bagian-bagiannya dan buat sendiri sesuai kebutuhan.

Undangan adalah item yang tidak bisa dipisahkan dari seminar. Tak hanya skala nasional, tetapi juga internasional.

Biasanya, undangan ini dibutuhkan untuk mengundang pembicara, tokoh penting, atau ahli di bidang tertentu. Maka dari itu, pembuatan undangannya harus dibuat secara resmi atau formal.

Apabila saat ini Anda sedang bersiap menyelenggarakan kegiatan berskala internasional, maka undangannya sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris dengan pilihan kata yang formal.

Kalau masih kesulitan membuatnya, kami akan membahas beberapa cara dan contohnya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Apa itu invitation letter untuk seminar?

Surat undangan bahasa inggris atau disebut dengan istilah invitation letter adalah surat yang ditulis, dibuat, atau diterbitkan oleh seorang individu atau organisasi dengan tujuan untuk mengundang seseorang agar bisa hadir dalam kegiatan atau acara tertentu.

Apa itu invitation letter untuk seminar

Apabila invitation letter-nya digunakan untuk seminar, maka artinya yang bersangkutan diundang di acara seminar. Entah untuk menjadi pembicara, tokoh, ahli, atau yang lainnya.

Sama halnya dalam pembuatan surat undangan pembicara seminar berbahasa Indonesia, invitation buat seminar ini biasanya juga dibuat menggunakan kalimat dan tata bahasa yang resmi.

Jika Anda hendak membuat undangan dalam bahasa inggris formal, maka tentu pemahaman tentang grammar yang sopan dan pilihan kata resmi itu perlu.

Anda perlu memilah dan memilih dengan baik setiap vocab dan merancangnya menjadi kalimat menggunakan grammar yang benar dan tertata.

Struktur surat undangan seminar resmi bahasa inggris

Secara umum, struktur surat undangan itu sama, yakni:

1. Kop surat

Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari surat resmi. Khususnya, bila pengundangnya adalah organisasi yang sudah punya logo tertentu.

2. Siapa yang diundang

Di bagian bawah kop, biasanya ada informasi mengenai nomor surat, perihal, dan yang terpenting siapa yang diundang.

Anda harus memastikan bahwa penulisan nama penerima surat sudah sesuai agar suratnya bisa tersampaikan dengan baik.

Penulisan nama yang sesuai ini penting tak hanya pada surat, tetapi juga sertifikat hingga plakat pembicara seminar. Jadi, sebaiknya cari tahu dengan jelas nama penerima sekaligus gelarnya supaya tidak ada kesalahan.

3. Pembukaan surat

Bagian ini terdiri dari salam atau greetings yang ditulis menggunakan bahasa sopan dan resmi.

4. Isi undangan atau body of invitation

Isi undangan mencakup beberapa poin penting dan harus disampaikan secara jelas. Berikut ini adalah poin penting di bagian isi undangan ini:

  • Occasion atau acaranya.
  • Hari dan tanggalnya.
  • Waktu atau time.
  • Place atau tempat acaranya dihelat.
  • Inviter atau pengundangnya yang jelas.

Khusus untuk contoh undangan seminar bahasa inggris, Anda juga bisa menambahkan tema seminarnya agar lebih jelas buat penerima undangannya.

5. Penutup

Bagian ini berisi kalimat untuk menutup undangannya. Ucapan terima kasih dan permohonan atas kehadiran. Pengundang juga perlu memberikan tanda tangan di bagian bawah setelah kalimat penutup.

Contoh undangan seminar bahasa inggris yang formal

Contoh undangan seminar bahasa inggris yang formal

Di bawah ini adalah contoh undangannya:

Bagian 1 – kop surat lengkap dengan alamat, email, dan nomor telepon

Surabaya, October 10 th, 2022

Number: (isi nomor suratnya)

Subject: “Seminar Invitation” atau “Request to be one of the speakers of the seminar”

To:

Mr. Prof. Gilleal Ttego

(tulis jabatan dan keahliannya)

In place

With respect,

In accordance with the annual routine of Faculty of Economics and Business, University of (nama universitas), we will be doing an international seminar with theme “Set Up Your To Be an Intrepeneur”.

Through this letter, we would like to request you to be one of the speakers of that seminar that will be held on:

Date: November 1st, 2022

Time: 09.00 – 12.00 (local time)

Venue: Auditorium 3rd Floor, B Building

Your confirmation through email (as soon as possible) to: (sebutkan email) is highly expected. Please do not hesitate to contact us for further information.

Finally, we would like to take this opportunity to thank for your attention and participation in the (tulis nama seminar). We look forward to see you soon in the venue in November 2022.

Cordially yours,

(tanda tangan)

Nama penanggung jawab (boleh ketua panitia atau organisasi)

Yang tertulis di atas merupakan contoh undangan seminar yang diperuntukkan untuk mencari narasumber.

Anda hanya tinggal menyesuaikan pemakaian kalimatnya jika yang dibutuhkan adalah untuk mengundang tokoh biasa saja. Penyesuaian kalimatnya adalah dengan tidak menyertakan kalimat tentang konfirmasi email seperti yang tertulis dalam dua paragraf terakhir.

Jika tema seminarnya selain tema kewirausahaan sebagaimana dicontohkan di atas, Anda juga tinggal menggantinya langsung sesuai dengan tema seminarnya.

Pastikan untuk memeriksa keterkaitan kalimat yang ada dalam contoh di atas dengan tema seminar Anda. Jangan sampai ada yang tidak nyambung.

Sebab, sebaik-baiknya undangan adalah yang memiliki kalimat koheren dan komprehensif. Pemakaian kalimat efektif juga penting agar undangannya tidak terkesan bertele-tele.

Penting untuk dipahami bahwa dalam bahasa inggris, kalimat yang sopan dan resmi selalu menggunakan kata kerja bentuk kedua. Misalnya “we woud like to…”. Ini adalah salah satu kunci agar tata bahasa Anda terlihat sopan dan formal.

Itulah contoh undangan seminar bahasa inggris dan trik membuatnya formal dan sopan. Untuk membantu persiapan seminar Anda, kami bersedia menyediakan tas seminar terbaik. Tim dari Oscas Indonesia akan bekerja cepat untuk melengkapi kebutuhan seminar Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp