Contoh Tulisan Plakat Pembicara Seminar dan Poin Pentingnya

Contoh Tulisan Plakat Pembicara Seminar dan Poin Pentingnya

15 Jun 2024 02:09:04

Buat sendiri contoh tulisan plakat pembicara seminar Anda dengan memperhatikan poin pentingnya. Cara membuat dan contohnya ada dalam artikel ini!

Plakat merupakan salah satu suvenir atau kenang-kenangan yang juga berfungsi sebagai penghargaan atau hadiah atas suatu hal.

Biasanya, barang ini diberikan kepada mereka yang sudah berjasa, punya acara tertentu, memiliki pencapaian tertentu, atau kondisi lainnya.

Plakat yang dibuat dan diberikan kepada pembicara berarti memang merupakan hadiah atas pencapaian atau jasanya menjadi narasumber dalam suatu kegiatan.

Itu berarti, konten atau tulisan yang ada di plakat tersebut juga harus disesuaikan agar tujuan pemberian hadiahnya bisa tercapai.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ditulis dalam plakat, cara membuatnya, dan contoh kalimatnya. Selamat menyimak.

Poin-poin penting dalam tulisan plakat

Poin-poin penting dalam tulisan plakat

Adapun beberapa poin yang harus ditulis di plakat yang hendak diberikan kepada narasumber seminar adalah:

1. Nama penerima

Nama penerima merupakan poin utama yang wajib ada dalam tulisan plakatnya. Namanya bisa berupa nama pena, nama asli lengkap, nama dengan gelar, atau nama tanpa gelar.

Jika perlu, Anda perlu menghubungi pembicara dan bertanya. Nama seperti apa yang mau ditulis di plakatnya. Apakah lengkap beserta gelarnya atau tidak.

Namun umumnya, untuk pembicara seminar, nama yang ditulis adalah nama lengkap disertai gelar.

Jika sudah jelas jenis namanya, kini saatnya Anda harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan namanya. Hindari typo karena ini bisa berdampak negatif.

2. Logo atau tanda pemberi plakatnya

Anda harus membubuhkan tanda atau logo di barang tersebut supaya mudah diketahui dari mana plakatnya diperoleh.

3. Ucapan terima kasih dan kriterianya

Inti dari tulisan plakat pembicara seminar adalah ucapan terima kasih. Maka dari itu, silakan gunakan kata-kata yang sopan dan tulus untuk menyampaikan rasa terima kasih tersebut.

Selain pemilihan kata dan kalimat, Anda juga perlu memperhatikan panjang kalimatnya. Hindari memakai kalimat panjang dan pilihlah kata yang tepat agar terlihat simpel tapi mengena.

4. Informasi acara atau kegiatan

Bubuhkan juga informasi mengenai kegiatan yang diselenggarakan. Misalnya kegiatan seminar kepemudaan, kewirausahaan, atau yang lainnya.

Dengan mencantumkan ini, kesan plakatnya akan jauh lebih terasa mendalam. Penerima juga akan merasa diperhatikan dan bisa mengingat momennya saat memandang plakat tersebut suatu hari nanti.

5. Kalimat efektif dan tidak terlalu banyak tulisan

Barang ini memiliki ukuran yang kecil. Tidak lebar seperti kertas, apalagi tebal seperti buku. Maka dari itu, pilihan kata menentukan tulisannya bagus atau tidak.

Memilih kata dengan tepat adalah kunci untuk membuat tulisan plakat yang baik. Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk memilih kalimat efektif, jelas, lugas, dan tidak bertele-tele.

Pilihan katanya harus tepat sasaran sesuai dengan tujuan diberikannya plakat tersebut.

Tips membuat plakat

Selain memperhatikan tulisannya, Anda juga harus memperhatikan plakatnya secara keseluruhan. Di bawah ini adalah beberapa trik untuk membuat plakat terbaik:

1. Pastikan bahwa bahannya berkualitas

Suvenir untuk pemateri ini harus dibuat dengan bahan berkualitas agar terlihat mewah dan awet. Maka dari itu, Anda harus bekerja sama dengan tim yang kompeten dalam pembuatannya.

Pilihlah vendor yang tepat. Termasuk dalam pemilihan vendor lain dalam perhelatan seminar tersebut. Misalnya, mencari vendor seminar kit, tas seminar, buku catatan, dan yang lainnya.

2. Desain unik dan kreatif tapi tetap formal

Pilihlah desain yang unik dan kreatif namun tetap memiliki kesan yang formal dan bagus. Pastikan bahwa plakatnya terlihat indah dan mewah ketika difoto sehingga layak untuk dipajang di rumah.

3. Jangan lupa melakukan pengecekan akhir

Sebelum dicetak, pastikan Anda mengecek tulisannya dengan benar. Mulai dari nama, ucapan, logo, dan yang lainnya. Jangan sampai ada yang typo dan terlewat kesalahannya.

Contoh tulisan plakat pembicara seminar

Contoh tulisan plakat pembicara seminar

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang biasanya dituliskan pada plakat:

  • With our gratitude (untuk seminar internasional) – lanjutkan dengan nama penerima.
  • Thank you for your support in – lanjutkan dengan nama kegiatannya.
  • Expresses the gratitude and appreciation to – lanjutkan dengan nama pembicaranya.
  • Ucapan terima kasih dan kenang-kenangan diberikan kepada – lanjutkan dengan nama narasumbernya.
  • Terima kasih kepada – lanjutkan dengan nama narasumber, dll.

Lebih detail, silakan cek contoh tulisan lengkap di bawah ini:

“Terima kasih kepada (nama pembicara) atas partisipasinya sebagai PEMBICARA dalam seminar (sebutkan tema)”

Kemudian lanjutkan dengan menuliskan nama pemberi dan tahun diadakannya acara.

Sekarang, Anda bisa coba buat contoh tulisan plakat pembicara seminar sendiri. Bila kesulitan, silakan langsung serahkan kepada vendor terbaik. Khusus untuk seminar kit, kami siap menjadi vendor Anda. Ribuan klien telah puas dengan hasil kerja kami, jadi jangan ragu untuk segera menjadi salah satunya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp