Contoh Sertifikat Peserta Seminar Buat Referensi

Contoh Sertifikat Peserta Seminar Buat Referensi

09 May 2024 11:12:55

Contoh sertifikat peserta seminar yang bagus bisa dijadikan referensi saat sedang membutuhkan. Kenali formatnya dan bikin sendiri sesuai kebutuhan.

Saat hendak membuat sertifikat, Anda mungkin akan membutuhkan contoh sebagai referensi. Nah, agar sertifikatnya nanti terlihat unik dan tidak plagiat, Anda bisa menggunakan prinsip ATM atau amati tiru modifikasi.

Jadi, meskipun membuatnya berdasarkan referensi dari milik orang atau lembaga lain, sertifikat yang Anda buat tetap memiliki ciri khasnya sendiri.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai pembuatan sertifikat untuk peserta seminar. Silakan simak sampai akhir.

Pengertian sertifikat seminar

Agar bisa membuat contoh sertifikat peserta seminar dengan baik, Anda harus paham dulu apa sebenarnya arti dari sertifikat.

Pengertian sertifikat seminar

Menurut KBBI, istilah ini merujuk pada sebuah keterangan atau pernyataan tertulis yang dibuat dan dicetak oleh pihak berwenang untuk dijadikan sebagai bukti atas kepemilikan atau keikutsertaan atas sebuah kegiatan atau kejadian.

Definisi lainnya adalah desain dan bentuk tertulis yang dicetak dalam selembar kertas dengan konten berupa keterangan mengenai suatu keikutsertaan dan kepemilikan atas suatu hal. Desain dan bentuk ini dibuat dalam format atau struktur khusus dan berisi keterangan dari si pembuatnya.

Menggabungkan dua definisi di atas diketahui bahwa selain berupa selembar kertas yang berisi keterangan, sertifikat juga membutuhkan desain yang cantik dan format yang tepat sehingga terlihat lebih bagus dan mudah dibaca oleh siapa saja.

Manfaat atau fungsi sertifikat

Selain definisinya sebagaimana kami sampaikan di atas, Anda juga perlu tahu apa saja fungsi dari dokumen ilmiah ini. Di bawah ini adalah fungsi atau manfaatnya:

1. Sebagai data pendukung

Salah satu fungsi penting yang dimiliki oleh certificate adalah sebagai data pendukung. Misalnya, saat Anda mengikuti seminar di salah satu kampus ternama, maka sertifikatnya akan diterima setelah acaranya selesai.

Dokumen tersebut nantinya bisa menjadi data pendukung layaknya Anda mendapatkan ijazah ketika bisa menyelesaikan pendidikan formal.

2. Menjadi bukti atau pengakuan atas suatu hal

Lewat tulisan yang ada di certificate, Anda telah diakui ikut hadir dalam sebuah acara tertentu. Tergantung sebagai apa, pembicara atau peserta. Semuanya akan tertulis secara jelas di dokumen tersebut.

Selain itu, biasanya juga ada nilai sendiri pada sertifikatnya. Apakah excellent atau semacamnya. Jelas hal ini bisa menjadi pengakuan atas pencapaian seseorang.

3. Sebagai kenang-kenangan

Dengan adanya dokumen tertulis semacam ini, Anda bisa memiliki kenangan yang lebih mendalam sekaligus bisa mengingat-ingat pernah mengikuti suatu kegiatan di kemudian hari.

4. Bukti penghargaan

Dengan adanya dokumen ini, kehadiran Anda dihargai. Bahkan, dokumennya juga bisa diikutsertakan CV jika memang Anda berkehendak.

Format contoh sertifikat peserta seminar

Format contoh sertifikat peserta seminar

bawah ini adalah beberapa poin yang masuk dalam format atau komponen pembuatan sertifikat buat para peserta seminar:

1. Logo instansi dan namanya

Yang paling utama dan ada di bagian atas sertifikatnya adalah logo instansi. Biasanya, letaknya bisa di bagian tengah atas, atau atas kanan dan kiri. Tergantung seberapa banyak penyelenggara atau sponsor yang turut andil dalam perhelatan seminar tersebut.

Logo instansi ini biasanya dilengkapi dengan nama instansinya agar lebih jelas siapa yang memberikan sertifikat tersebut.

2. Tulisan sertifikat diberikan kepada dan namanya

Selanjutnya, di bagian bawah logo Anda bisa menuliskan keterangan bahwa seseorang telah mengikuti sebuah kegiatan.

Misalnya dengan memakai kalimat, “sertifikat ini diberikan kepada…” atau cukup “Sertifikat” kemudian dilanjutkan dengan kalimat “menerangkan bahwa…”

Lanjutkan kalimat di atas dengan membubuhkan nama peserta di bagian bawahnya. Gunakan huruf kapital atau jenis huruf yang mudah dibaca dan terlihat menonjol untuk menuliskan namanya.

Anda bisa menggunakan pilihan kalimat lainnya dan tidak terpaku dengan contoh yang kami berikan di atas. Terlebih jika seminar yang diadakan berskala internasional.

Jika skalanya internasional dan Anda membuat contoh undangan bahasa inggris, maka sertifikatnya juga sebaiknya berbahasa inggris.

3. Nama kegiatan dan temanya

Selanjutnya, bubuhkan nama kegiatan yang diikuti. Dalam hal ini, silakan sertakan informasi mengenai seminarnya dan topik atau temanya sekalian.

Misalnya ditulis “dalam keikutsertaan sebagai peserta dalam seminar kewirausahaan dengan tema…” atau contoh lainnya.

Intinya, Anda harus menjelaskan acaranya dengan baik agar mudah dipahami orang yang membacanya.

4. Tanda tangan yang berwenang

Pada bagian bawah, silakan bubuhkan tanda tangan orang yang berwenang. Misalnya, ketua panitia acara, ketua organisasi, ketua jurusan, atau yang lainnya.

5. Waktu kegiatan

Waktu kegiatan ini bisa dituliskan di atas tanda tangan. Biasanya, di bawah nama kegiatan. Lengkap bulan dan tahunnya. Hal ini penting mengingat kebenaran ilmu bersifat nisbi atau sementara.

Jadi, saat waktu kegiatannya dicantumkan, saat itu sudah bisa diketahui sedang tren apa dan keilmuannya seperti apa.

6. Nama pemateri (opsional)

Anda bisa membubuhkan nama pematerinya. Terlebih jika narasumbernya adalah orang yang terkenal. Dengan membubuhkan nama tersebut akan memberikan nilai tambah buat sertifikatnya.

Terakhir, kami mengerti bahwa persiapan untuk menyelenggarakan seminar sangat ribet dan perlu detail. Maka dari itu, untuk membantu Anda menyiapkan semuanya secara sempurna, kami bersedia membantu menyediakan seminar kitnya.

Sebagai produsen tas seminar terbaik di Indonesia, tim kami sudah berpengalaman dalam menyediakan perlengkapan seminar. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Demikian info tentang contoh sertifikat peserta seminar. Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp