3 Doa Penutup Acara Seminar Bahasa Arab Singkat Panjang

3 Doa Penutup Acara Seminar Bahasa Arab Singkat Panjang

04 Oct 2022 11:17:54

Membaca doa penutup acara seminar bahasa arab punya fungsi penting. Di dalamnya terkandung harapan baik atas ilmu dan acaranya.

Oleh karena itu, harapannya harus disampaikan dengan baik dan dalam bacaan yang baik. Anda bisa membacanya dalam teks yang singkat, bisa juga panjang. Asalkan inti dari doanya sesuai, maka harapan selanjutnya adalah agar doa tersebut dikabulkan.

Dalam acara seminar, doa penutup yang dibacakan umumnya mengandung arti atau harapan agar ilmu yang disampaikan bisa diserap dan bermanfaat bagi seluruh orang yang hadir dalam majelis tersebut.

Agar setelah acara tersebut, ada dampak positif atau hal positif yang bisa dilakukan untuk diri sendiri, lingkungan hingga negara sesuai dengan ilmu yang didapatkan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan ulasan mengenai doa-doa penutup majelis, termasuk seminar, rapat, pelatihan, atau semacamnya. Selamat menyimak.

Inti doa penutup acara seminar

Pada dasarnya, doa kegiatan seminar tidak harus dibacakan dalam bahasa arab. Pasalnya, orang yang dapat ke acara ini sangat beragam. Acaranya biasanya umum dan tentu tidak semuanya muslim.

Inti doa penutup acara seminar

Maka dari itu, tidak masalah jika memang doanya dibuat dalam bahasa Indonesia kemudian digabung dengan do’a berbahasa Arab.

Dengan kata lain, Anda bisa membuat redaksi doanya sendiri dalam bahasa Indonesia. Kemudian menutup doanya menggunakan bahasa arab. Yakni sebuah doa penutup majelis seperti yang sering dipakai oleh umat muslim.

Apabila Anda ingin membuat doa dalam bahasa Indonesia dulu, maka ketahui bagaimana inti dan konten dari doa tersebut agar mudah dalam menyusunnya:

  • Doanya mengandung harapan untuk bisa menyerap ilmu yang sudah disampaikan narasumber.
  • Berharap agar majelis hari itu bermanfaat.
  • Manfaat silaturahmi bagi sebagian besar orang adalah untuk memperpanjang usia, memperbanyak kolega, dan yang lainnya.
  • Diharapkan majelis hari itu memberikan manfaat bagi diri sendiri, lingkungan, keluarga, dan negara.

Selain inti doa di atas, Anda juga bisa memasukkan konten lain yang berhubungan dengan tema acara. Misalnya, topik seminarnya adalah kesehatan dan wabah, maka Anda bisa berharap agar wabah segera berakhir.

Atau contoh lainnya, Anda sedang membahas tema seminar kepemudaan, maka tidak masalah untuk turut mendoakan generasi muda supaya menjadi generasi yang brilian dan berguna bagi negara Indonesia.

Penyusunan doa gabungan bahasa Indonesia dan arab semacam ini hampir sama dengan doa pembuka seminar. Bedanya terletak pada konten atau inti keduanya saja.

Setelah menyusun doa versi Indonesia, selanjutnya Anda bisa menutupnya dengan bahasa Arab sehingga lebih mudah dimengerti dan diamini oleh peserta yang hadir.

Adab membaca doa penutup kegiatan seminar

Doa yang baik harus dibacakan dengan cara yang baik. Anda harus mengerti adab berdoa supaya doa tersebut didengar dan dikabulkan oleh Tuhan.

Adab membaca doa penutup kegiatan seminar

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat sedang membacakan doa:

  • Memakai pakaian yang bersih dan suci.
  • Menengadahkan tangan.
  • Sebaiknya menghadap ke kiblat.
  • Tidak lupa untuk memohon ampun kepada Allah.
  • Jangan lupa bersyukur atas nikmat Allah.
  • Membacanya dengan khusyu’.
  • Memohon izin untuk memimpin doa secara islam jika ada peserta yang beragama lain.
  • Doa berisi hal-hal baik dan positif.

Selain hal di atas, doa penutup sebaiknya juga disampaikan untuk menutup sebuah majelis. Jadi, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan acara masing-masing.

Contoh doa penutup acara seminar bahasa arab

Contoh doa penutup acara seminar bahasa arab

Di bawah ini adalah beberapa doa penutup acara seminar berbahasa arab yang bisa Anda pilih atau gunakan dalam menutup majelis tertentu:

1. Doa kafaratul majelis

Ini adalah teks yang sering dipakai oleh umat islam saat berada di dalam sebuah majelis dan ingin menutup pertemuan tersebut.

Teks bahasa arab ini bisa digunakan dalam berbagai acara, baik resmi maupun non resmi. Teksnya juga bisa dipakai saat Anda mengadakan acara seminar.

Subchaanakallahumma wabichamdika Asyhaduan-laailaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaika.

Doa di atas dibaca sebanyak 3 kali bersama dengan orang-orang yang hadir pada saat itu.

Inti atau arti doanya adalah:

Menyanjung dan memuji Allah SWT serta bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Juga, bahwa pembaca doa memohon ampun atas dosa dan bertobat kepada Allah SWT.

Dengan kata lain, doa ini memiliki inti memohon ampun dan bertobat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

2. Memohon ilmu yang berkah

Selain memohon ampun, ada doa penutup acara seminar bahasa arab yang artinya adalah meminta ilmu yang berkah.

Selain digunakan untuk menutup acara, doa ini juga umum dipakai untuk menutup pengajian setelah usai belajar membaca Al-Qur’an.

Intinya adalah memohon supaya ilmu dan petunjuk yang ada di dalam Al-Quran bisa manfaat dan berkah buat pembacanya.

Bacaannya adalah sebagai berikut:

Allahummarchamna bil-Qur’an. Waj’alhu lanaa imaama-wanuuro-wahuda-warachmach. Allaahumma dzakkirnaa minhu maa nasiinaa. Wa’allimnaa minhu maa jahilnaa. Warzunaa tilaawatahu aana-al laili wa-athroofannahaar. Waj’alhu lanaa chujjatan-yaa robbal ‘alamiin.

Dalam teks bahasa arab di atas terlihat jelas bahwa inti dari doa ini adalah untuk meminta rahmah dan berkah Al-Qur’an. Bagi siapa saja yang sudah membacanya atau dalam teks di atas ditulis tilawah.

Selain itu, dalam doanya juga terkandung permohonan rezeki. Rezeki yang lapang, berkah, dan melimpah di siang dan malam. Di sini, pembaca doanya juga meminta pertolongan dari Tuhan semesta alam.

Teks bahasa arab di atas bisa digunakan dan dibacakan bersama-sama karena sudah memakai obyek “na” yang merupakan kata ganti untuk “kami”.

Jika Anda mau membacanya buat diri sendiri, misalnya setelah membaca alquran sendiri. Anda bisa mengganti obyek “na” menjadi “nii” atau “lii”.

Note: Doa di atas cocok digunakan pada acara bertema islami yang membahas tentang Al Quran atau kajian islam lainnya.

3. Meminta ilmu, pemahaman, dan kelapangan rezeki

Jika dalam menutup acara, Anda ingin meminta kelapangan rezeki bagi seluruh peserta yang hadir. Misalnya di seminar untuk entrepreneur. Teks bacaan bahasa arab yang bisa dibacakan adalah:

Rabbanan fa’naa bima ‘allamtanaa. Rabbi ‘Alimnaalladzi yan fa’unaa. Rabbi faqqihnaa wafaqqih ahlanaa. Waqarraabaatilanaa fidiininaa.

Sebenarnya teks di atas sudah cukup mewakili. Namun, ada juga yang meneruskannya dengan teks di bawah ini:

Tawassalnaa bi ta’allumin. Tawassalnaa bita’limin. An tarzuqonal wasi’ah. Wa an tarzuqonal amaanah.

Arti dan inti doanya adalah bahwa Anda memohon ilmu yang berkah dan manfaat. Serta memohon pemahaman kepada Allah baik bagi diri sendiri maupun keluarga.

Adapun inti dari lanjutan doanya adalah tawasul atas belajar dan mengajar. Juga agar bisa mendapatkan rezeki yang amanah.

Catatan:

Doa-doa di atas bisa Anda baca satu saja (singkat) gabung (panjang) untuk dibacakan ketika menutup acara. Kemudian, agar makin lengkap tambahkan juga doa sapu jagat yang bunyinya:

Rabbaanaa aatinaa fiddun-yaa chasanah. Wa fil aakhiroti chasanah. Waqinaa ‘adaabannar.

Teks ini memiliki arti yang sangat mendalam dan bisa digunakan untuk segala acara. Setelah sholat atau sedang kegiatan ilmiah sekali pun, Anda bisa membacanya.

Itulah bacaan doa penutup acara seminar bahasa arab yang bisa Anda gunakan. Supaya acara seminarnya makin lancar, siapkan peralatan dan perlengkapan yang memadai. Kami, CV Oscas Indonesia, selaku konveksi tas seminar berpengalaman siap membantu menyediakan seminar kit buat Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp