Contoh Banner Seminar Nasional dan Cara Bikinnya

Contoh Banner Seminar Nasional dan Cara Bikinnya

24 Sep 2022 06:51:19

Contoh banner seminar nasional bisa jadi acuan dan inspirasi saat hendak bikin sendiri. Cari tahu contoh dan cara bikinnya di sini.

Banner merupakan salah satu bagian dari media promosi yang sangat penting. Item ini berisi informasi penting tentang seminarnya. Mulai dari topik, lokasi, waktu, hingga pembicara.

Lewat banner, Anda bisa mengajak orang-orang untuk datang ke lokasi. Atau bisa juga hanya berisi informasi dasar tanpa adanya ajakan.

Lantas, bagaimana seharusnya banner ini dibuat agar bagus dan banyak yang tertarik untuk ikut acaranya?

Pada kesempatan ini kami akan membahasnya secara rinci. Selamat menyimak.

Cara membuat banner seminar keren

Banner biasanya juga disebut dengan istilah spanduk oleh orang-orang sekitar. Pada dasarnya, cara membuat keduanya sama. Tujuan pembuatannya pun hampir sama, yakni sebagai media promosi dan publikasi.

Cara membuat banner seminar keren

Bahkan, isinya juga hampir mirip, kecuali pada bagian ajakan yang umumnya hanya ditemukan pada spanduk.

Apa pun istilah yang selama ini Anda pakai untuk menyebutnya, berikut ini adalah cara mudah membuat media promosi dan publikasi tersebut:

1. Pastikan tujuannya jelas

Tujuan pembuatan spanduk harus jelas. Apakah untuk branding, memberikan informasi, mempromosikan event tertentu, atau yang lain.

Dalam hal ini, Anda hendak membuat contoh banner seminar nasional. Artinya, di banner-nya juga sudah harus ada informasi “Seminar Nasional”.

Dengan tujuan yang sudah jelas, Anda jadi bisa lebih tahu harus menyiapkan apa saja untuk ditulis di spanduknya. Informasi apa saja yang perlu untuk ditampilkan di situ.

2. Perhatikan letaknya dan pastikan spanduk bisa tampil dominan

Poin kedua ini meminta Anda untuk membayangkan, banner-nya mau diletakkan di luar atau dalam ruangan. Sebab, pilihan letak akan mempengaruhi pilihan warna dasar banner-nya.

Dengan pilihan warna yang tepat, banner yang baik akan tampil stand out dan terlihat dominan dari lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu, penting untuk menentukan mau diletakkan di mana spanduk tersebut sebelum membuatnya secara menyeluruh.

3. Pilihlah warna dan desainnya dengan bijak

Setelah tahu mau diletakkan di mana, Anda punya opsi untuk memilih warna berdasarkan letak tersebut. Pastikan tetap bijak dalam menetapkan warna. Jangan hanya berdasarkan preferensi pribadi.

Selain warna, perhatikan juga desainnya secara menyeluruh. Pastikan bahwa keduanya memiliki kesatuan yang apik sehingga banner-nya pun jadi sempurna.

Jika kesulitan membuatnya, cobalah cari contoh banner seminar nasional di internet. Atau, Anda juga bisa mencari desain banner lainnya. Lihat bagaimana desainnya dan padu padan warnanya.

4. Pakailah foto dengan kualitas terbaik

Saat membuat spanduk, biasanya Anda harus memasukkan foto. Misalnya pembicara, moderator, logo, atau semacamnya.

Untuk mendapatkan kualitas terbaik, Anda juga harus memakai foto HD atau berkualitas. Tujuannya adalah agar saat perlu diperbesar ukurannya, foto ini tetap terlihat bagus dan tidak pecah.

Terlebih, spanduk untuk seminar nasional biasanya perlu ukuran yang cukup besar sehingga mudah dibaca dan dilihat orang.

5. Pilih font yang jelas dan terbaca dari jarak jauh

Pilihan jenis huruf sangat mempengaruhi kesempurnaan banner.

Sebaiknya, pilih huruf yang mudah dibaca dengan ukuran yang cukup besar. Tujuannya adalah agar huruf-huruf ini tetap bisa terbaca meski berada di jarak jauh.

Hindari menggunakan huruf-huruf yang sedang tren tanpa memperhatikan keterbacaan jenis huruf tersebut.

Di samping itu, seminar nasional merupakan acara resmi sehingga tidak etis rasanya jika Anda memakai huruf yang kesannya santai dan kasual. Ini seperti memilih pakaian yang cocok untuk seminar, di mana sebaiknya Anda memilih pakaian formal meskipun banyak baju trendy di lemari.

6. Gunakan kalimat dan kata yang tidak terlalu panjang

Kami tahu, ada banyak info yang rasanya ingin Anda masukkan ke dalam spanduk tersebut. Tapi, agar spanduknya bisa sempurna Anda harus pandai memilih yang paling penting saja.

Misalnya, info tentang judul, jenis seminar, nama pembicara-pembicara dan informasi singkat tentang pembicara tersebut, moderator, sponsor, lokasi, waktu, dan biaya (jika ada).

Anda mungkin bisa menambahkan informasi lain jika memang diperlukan. Misalnya, dress code (jika ada). Silakan sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

7. Pastikan ada poin utama dan terlihat dominan

Sebanyak apa pun informasi yang Anda masukkan, pilihlah salah satu yang paling penting. Buat tulisannya dengan ukuran yang besar sehingga terlihat paling dominan di antara yang lain.

Pastikan bahwa saat orang melihat banner-nya mereka langsung tahu inti dari spanduk tersebut.

Contohnya Anda mau membuat seminar nasional tentang kepemudaan, maka pastikan bahwa di situ ada tulisan tentang tema kepemudaan yang menarik dan dominan.

8. Perhatikan ukuran spanduk seminar

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ukuran spanduknya. Pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan letak pemasangan spanduknya agar lebih mudah menentukan ukurannya.

Dalam membuat desain, ukuran ini juga berkaitan langsung dengan pencetakannya nanti. Jadi, pastikan Anda mengetahui rentang umum ukuran yang digunakan.

9. Gunakan material berkualitas untuk mencetaknya

Pilihlah digital printing yang kualitasnya bagus dan terpercaya agar hasil cetak banner-nya keren. Perbedaan warna sebelum cetak dengan saat dicetak mungkin memang akan ada. Tapi jangan sampai perbedaan ini terlalu mencolok atau cenderung berbeda drastis.

Contoh banner seminar nasional

Contoh banner seminar nasional

Pada dasarnya, Anda bisa menemukan contoh spanduk dari mana saja, misalnya:

  • Browsing di internet dengan kata kunci “contoh banner” atau yang lain.
  • Melalui gambar di sosial media.
  • Mengamati berbagai macam spanduk di jalan, yang terlihat keren dan menarik.
  • Bertanya langsung ke penyedia jasa digital printing.
  • Cek ke aplikasi pembuat banner, dll.

Dari sumber di atas, Anda akan punya banyak ide desain spanduk. Selanjutnya, silakan amati desainnya, tiru, dan modifikasilah sesuai kebutuhan.

Itulah cara termudah untuk mendapatkan contoh banner seminar nasional terbaik paling menarik. Untuk menyempurnakan perhelatan seminar nasionalnya, Anda tentu butuh seminar kit. Selaku konveksi tas seminar, kami siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp