9 Cara Mempromosikan Seminar Agar Banyak yang Ikut

9 Cara Mempromosikan Seminar Agar Banyak yang Ikut

17 Jun 2024 02:16:39

Lakukan cara mempromosikan seminar agar pesertanya banyak dan seminarnya sukses. Media promonya beragam dan caranya mudah!

Sama dengan cara mempromosikan kegiatan pada umumnya, seminar pun bisa dipromosikan secara online dan offline.

Dalam hal promosi, Anda harus memaksimalkan segala yang dimiliki dan potensinya agar banyak yang datang.

Bahkan, jika Anda punya komunitas tertentu yang sesuai dengan profil peserta yang ditargetkan dalam seminar tersebut, tak ada salahnya juga untuk menggerakkannya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah untuk melakukan promosi seminar agar berhasil dan banyak peserta yang datang. Selamat menyimak sampai selesai.

Cara mempromosikan seminar yang mudah dan berhasil

Cara mempromosikan seminar yang mudah dan berhasil

Di bawah ini adalah kiat sukses mendatangkan banyak peserta dalam seminar:

1. Memanfaatkan media sosial (FB dan IG)

Dampak yang terjadi akibat media sosial sangat besar, khususnya facebook dan instagram. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkannya secara positif untuk mempromosikan seminarnya.

Silakan buat akun atau halaman khusus untuk acaranya. Promosikan juga lewat grup-grup facebook, status pribadi yang ada di FB, atau buat postingan khusus secara berkala melalui instagram.

Anda tidak harus menuliskan caption ajakan dalam postingan tersebut. Yang penting, postingannya bisa jadi konten yang dibaca orang secara halus.

Mungkin tentang persiapan seminarnya yang cukup ribet tapi tetap dikerjakan secara profesional. Atau tentang timnya yang sudah terpilih dan andal di bidangnya.

Segala detail persiapan seperti ini cukup menarik untuk diikuti. Pasalnya orang yang menonton video, melihat foto, atau membaca caption akan merasa ikut berada di sana untuk menjadi saksi dari detail tersebut.

2. Cara mempromosikan seminar via WA pribadi

Selanjutnya, Anda juga bisa secara berkala membuat postingan di status WA pribadi. Atau, jika ada grup Whatsapp, beritahu orang-orang di grup itu bahwa Anda akan segera mengadakan seminar lengkap dengan tema dan pembicaranya.

Pastikan untuk memberi kesan bahwa tema yang dibahas sangat menarik dan pembicaranya juga bisa mempresentasikan materi dengan baik.

3. Membuat situs resmi acara

Agar makin terlihat formal dan keren, cara mempromosikan seminar berikutnya adalah dengan membuat situs resmi acaranya.

Ini memang butuh modal, tapi efeknya juga lumayan bila memang bisa dimaksimalkan dengan baik.

4. Testimoni jika ada

Jika ini bukan pertama kalinya seminar serupa diadakan, maka cobalah cari testimoni mengenai seminar tersebut. Bisa dari peserta yang sebelumnya mengikuti seminar dari pembicaranya, atau dari peserta yang pernah mengikuti seminar bertema serupa.

Hal ini penting mengingat testimoni punya kekuatan tersendiri untuk membuat orang lain latah dan tertarik untuk mengikuti sebuah kegiatan.

5. Maksimalkan komunitas dan organisasi tertentu

Komunitas, kelompok sosial, atau organisasi tertentu memiliki kekuatan yang baik untuk menggerakkan massa lainnya.

Maksimalkan komunitas dan organisasi tertentu

Ibaratnya begini, saat satu kegiatan sepi kemudian bisa bekerja sama dengan kelompok sosial tertentu, maka akan ada banyak orang yang datang dari kelompok tersebut.

Nah, saat ada orang yang melihat bahwa kegiatannya ramai dan terlihat laku, maka orang lain juga akan penasaran dan akhirnya bisa mengikuti seminarnya sekalian.

6. Kerja sama dengan situs penjualan tiket

Kini ada banyak sekali situs penjualan tiket. Biasanya, situs semacam ini sudah ada pengunjung hariannya.

Maka dari itu, gunakan situsnya untuk sekalian memberitahu kepada banyak orang bahwa Anda akan mengadakan seminar.

7. Maksimalkan lokasi acara

Lokasi acara atau kegiatan harus dimaksimalkan dengan baik. Caranya adalah dengan memasang brosur, spanduk, atau banner seminar agar makin banyak yang tahu bahwa seminarnya akan diadakan di tempat tersebut.

Pastikan bahwa banner-nya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau atau strategis. Dengan begitu, akan banyak orang yang melihat dan bisa jadi media iklan yang gratis buat seminarnya.

8. Memilih pembicara yang terkenal

Agar makin menarik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengundang pembicara terkenal. Seseorang yang memiliki fanbase atau sudah disukai banyak orang. Bisa tokoh, kiai, atau semacamnya.

Tokoh ini akan menjadi orang yang melihat topik seminarnya dari sudut pandang sesuai keahliannya. Meski bukan sebagai pemateri utama, tapi kemasyhurannya akan menjadi magnet buat para peserta.

Bila berniat mengundang tokoh semacam ini, Anda harus mempersiapkan semuanya secara matang. Mulai dari surat undangan seminar berbahasa inggris atau Indonesia hingga dekorasi ruang seminar yang memadai nantinya.

9. Pengisi acara selebriti juga oke

Selain tokoh atau seorang ahli, Anda juga boleh mengundang selebriti sebagai pengisi acara. Undangan ini lebih utama sebagai tamu. Tapi akan lebih menyenangkan bila Anda juga memberikan ruang buat selebritinya untuk ikut berbicara tentang temanya ketika momen diskusi bersama.

Dengan begitu, para peserta juga akan lebih antusias untuk mengikuti setiap rundown acara.

Terakhir, pastikan bahwa seluruh perlengkapan Anda sudah tersedia saat acaranya tiba. Sebab, cara mempromosikan seminar tidak akan banyak membantu apabila persiapan seminarnya minus. Kami, sebagai vendor seminar kit siap membantu melengkapi kebutuhan Anda seperti tas seminar, goodie bag, dan yang lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp