Ide dan Tips Dekorasi Ruang Seminar Modern Nyaman

Ide dan Tips Dekorasi Ruang Seminar Modern Nyaman

03 Oct 2022 02:30:18

Dekorasi ruang seminar harus dipikirkan dengan matang agar bisa mengakomodir kebutuhan pembicara, peserta, hingga moderator secara tepat dan nyaman.

Bagaimanapun, acara seperti ini membutuhkan konsentrasi sehingga ruangannya harus memadai dan cocok untuk masing-masing orang yang hadir.

Dengan dekorasi yang tepat, para peserta hingga pembicara yang hadir bisa makin fokus mengikuti acaranya tanpa kendala.

Nah, untuk menciptakan dekorasi yang tepat, akan cepat memang bila Anda menyewa jasa desainer interior. Namun, bila anggaran dananya tidak memungkinkan, Anda tetap bisa melakukannya sendiri.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa ide dan cara mudah membuat desain ruang seminar yang modern, nyaman, dan mampu memberikan ketenangan kepada semua yang hadir. Selamat menyimak sampai selesai.

Tips membuat dekorasi ruang seminar

Pada dasarnya, pembuatan dekor seminar room tidak berbeda jauh dengan desain ruang rapat modern. Hal ini karena tujuan keduanya hampir sama, yaitu menciptakan ruangan yang nyaman, bisa bikin fokus, hening, dan tidak mudah diganggu oleh hal-hal dari luar.

Tips membuat dekorasi ruang seminar

Anda boleh membuat konsepnya minimalis, bisa juga mewah. Tergantung tema seminarnya, juga orang-orang yang datang ke event tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain dan dekor yang tepat, di antaranya adalah:

1. Ketahui fasilitas yang dibutuhkan

Ada banyak fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya meja untuk pemateri, kursi, audio, video, meja penerima tamu, meja untuk moderator, dan yang lainnya.

Pastikan bahwa dekorasi ruang seminar nanti bisa memasukkan fasilitas ini secara menyeluruh tapi tetap pada desain yang bagus.

Agar mudah, Anda bisa membuat denah dekorasi terlebih dulu sebelum mulai menerapkannya langsung pada ruangan.

2. Tambahkan tanaman hijau

Topik pembahasan dalam acara akademik semacam ini biasanya sangat serius. Misalnya saja tema seminar kepemudaan, entreprenuer, parenting, tugas akhir, proposal, atau yang lainnya.

Untuk mengimbangi pembahasan serius yang kadang bikin pusing dan lelah, Anda bisa menempatkan tanaman hijau di bagian depan. Tujuannya adalah agar otak bisa tetap rileks selama jalannya seminar.

Ini penting untuk menjaga mood para peserta sehingga tetap ON sampai jalannya seminar selesai.

3. Pastikan pencahayaannya cukup

Pencahayaan adalah faktor yang penting dalam dekorasi ruang. Agar seluruh tulisan dan materi yang hendak disampaikan bisa terbaca dengan jelas, Anda harus memastikan bahwa pencahayaannya cukup.

Anda bisa mengandalkan cahaya natural dengan memanfaatkan bukaan jendela di ruang tersebut. Namun, bila memang tidak memungkinkan, Anda juga bisa menyalakan lampu sebagai tambahan cahayanya.

4. Pilih ruangan yang kedap suara

Jangan biarkan kebisingan yang ada di luar mengganggu aktivitas yang ada di dalam ruangan ini. Inilah syarat utama dalam dekorasi ruang seminar.

Hal ini penting mengingat seluruh kegiatan dan materi akademik yang disampaikan harus bisa diterima oleh semua yang hadir. Belum lagi, dalam acara ini juga ada interaksi antara pemateri dan peserta yang jelas membutuhkan komunikasi dua arah yang jelas.

5. Sediakan camilan

Setiap kali masuk ke acara seminar, biasanya peserta akan mendapatkan snack, tas seminar, note, ID card, dan yang lainnya. Masing-masing punya fungsinya sendiri. Khusus untuk snack, ini akan membantu mengisi perut selama seminarnya berlangsung.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkannya sejak awal. Minimal, ada air putih yang akan mengembalikan fokus mereka setelah lama memperhatikan materi yang disampaikan.

6. Tambahkan warna cerah pada ruangannya

Memberikan warna cerah pada ruangan juga bisa jadi opsi yang baik untuk menghindarkan peserta dari rasa kantuk. Warna cerah akan membantu semangat peserta kembali. Di samping itu, warnanya juga akan memberikan tambahan keindahan pada dekorasi.

7. Padu padan warna yang tepat

Agar makin bagus dekorasinya, Anda harus memadukan warna-warna dengan tepat. Warna-warna natural bisa mendominasi, namun tambahkanlah warna yang berbeda agar menjadi ciri dan bikin suasana tidak membosankan.

Anda juga bisa menaruh banner seminar nasional atau yang lainnya di bagian pojok depan acaranya sebagai pemanis sekaligus memberikan info dasar seputar seminarnya.

8. Gunakan audio dan video kualitas terbaik

Bagaimanapun, setiap ruangan seminar memiliki luasan yang berbeda. Seluas apa pun ruangan yang Anda gunakan, pastikan untuk selalu mengecek audio dan videonya.

Gunakan audio yang terbaik agar pesan dan materi bisa tersampaikan kepada seluruh peserta. Selain itu, videonya juga harus jelas agar semua orang bisa melihatnya dengan nyaman.

9. Pertimbangkan kebutuhan narasumber

Setiap seminar memiliki kebutuhan yang berbeda dan mungkin unik. Tergantung tema acaranya. Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan tempat khusus jika ada kebutuhan unik dari narasumber. Jangan diabaikan dan pikirkan dari awal sehingga dekorasinya menyatu.

Ide dekorasi ruang seminar

Untuk mencari ide ruangan seminar, Anda bisa mencari lewat banyak sumber. Misalnya internet, media sosial, situs gambar desain, dan yang lainnya.

Ide dekorasi ruang seminar

Yang jelas, dari ide tersebut Anda tidak bisa menirunya 100%. Silakan amati, tiru, dan modifikasilah sesuai dengan kebutuhan seminar masing-masing.

Terakhir, untuk membantu Anda menyiapkan dekorasi ruang seminar dan keperluannya yang cukup banyak, kami menyediakan tas seminar terbaik. Anda bisa menghubungi kami, CV Oscas Indonesia, segera untuk memastikan persiapan pergelaran seminarnya berjalan lengkap dan lancar.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp