Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Pembicara Seminar

Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Pembicara Seminar

30 Mar 2024 06:01:01

Ucapan terima kasih untuk pembicara seminar bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari sertifikat, plakat, piagam, hingga kenang-kenangan lain.

Kenang-kenangan semacam itu tidak hanya bertindak sebagai perwujudan rasa terima kasih. Lebih dari itu, kenang-kenangannya bisa bertindak sebagai sebuah penghargaan karena pembicara telah mampu menyampaikan materi dan berdiskusi dengan para peserta seminar.

Meski terkesan sepele, tapi menjadi pembicara dengan tema tertentu juga butuh effort. Sebuah penghargaan akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pembicaranya sebab merasa usahanya telah dihargai. Ini bisa dibilang sebagai sebuah pencapaian.

Bentuk ucapan terima kasih untuk pembicara seminar

Bentuk ucapan terima kasih untuk pembicara seminar

Di bawah ini adalah beberapa item yang bisa dipakai untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada seorang narasumber:

1. Buket bunga

Buket bunga merupakan salah satu benda umum yang diberikan untuk memberikan ucapan selamat dan mengungkapkan rasa terima kasih. Anda bisa membeli buket bunga dan memberikannya di akhir acara sebagai kenang-kenangan untuk pembicara.

Namun, perhatikan siapa yang menerimanya dan tema seminar yang disampaikan. Buket sebenarnya cocok buat pria maupun wanita, tapi akan lebih baik jika diberikan kepada wanita saja. Untuk pria, Anda bisa memberikan kenang-kenangan dalam bentuk lain.

2. Plakat ucapan terima kasih

Plakat seminar dengan desain yang kreatif dan tampilan yang bagus juga bisa Anda jadikan hadiah buat narasumber. Biasanya, di plakat ini akan ditulisi ucapan terima kasih atas perannya sebagai narasumber dalam sebuah seminar.

Plakat semacam ini desainnya sangat beragam. Anda bisa memilihkan mana yang paling kece, aman dibawa pulang, dan sesuai dengan karakter penerimanya.

Pilihlah desain yang tidak lekang oleh waktu sehingga bisa dipajang di rumah dengan leluasa tanpa takut bertabrakan dengan desain rumahnya.

3. Piagam penghargaan

Anda juga bisa memberikan piagam penghargaan kepada pembicara. Tergantung perannya dalam acara tersebut. Piagam ini berbeda dengan sertifikat khususnya dalam bagian redaksional atau tulisan piagamnya.

4. Sertifikat yang sudah dicetak lengkap

Ini adalah item yang wajib diberikan kepada pembicara setelah acara seminarnya selesai. Betapa tidak, sertifikat seminar merupakan dokumen yang bisa menjadi data pendukung atau bukti bahwa seseorang pernah berperan sebagai pembicara di suatu bidang.

Bagi para dosen yang mau mengajukan beasiswa saat melanjutkan studinya, sertifikat semacam ini adalah data pendukung yang menunjukkan pencapaiannya selama menjadi dosen.

Ini menjadi bukti bahwa selama menjadi dosen, dia tidak hanya mengajar di kelas saja, melainkan juga bermanfaat buat orang-orang di sekitar dengan caranya sendiri.

5. Contoh kenang-kenangan lainnya

Selain empat jenis kenang-kenangan di atas, Anda juga bisa memberikan kenang-kenangan dalam bentuk lain. Kini, makin banyak contoh kenang-kenangan yang bisa diberikan.

Misalnya, membuat pigura dengan lukisan wajah di dalamnya sehingga mudah untuk dipajang di rumah, membuat pigura dengan tulisan ucapan terima kasih, atau semacamnya.

Pikirkanlah dengan matang mau memberikan apa kepada para narasumber. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan anggaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ucapan terima kasih narasumber

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ucapan terima kasih narasumber

Selain bentuknya sebagaimana disampaikan di atas, dalam mengucapkan surat terima kasih Anda juga harus memperhatikan banyak hal lain, di antaranya adalah:

1. Redaksi ucapannya

Tulisan yang tertera dalam plakat, piagam penghargaan, hingga sertifikat harus benar-benar dipikirkan dengan baik.

Sebaiknya, Anda menggunakan kalimat yang efektif, jelas, dan tidak bertele-tele. Tujuannya adalah agar tidak banyak kalimat yang harus dibubuhkan pada plakat dan kenang-kenangan tersebut.

Jika terlalu panjang kalimatnya, dikhawatirkan akan membuat tampilannya jadi tidak indah dan titik fokus penyampaiannya jadi kabur.

Intinya, lewat kenangan ini Anda mau menyampaikan terima kasih. Jadi, fokuslah di sana dan tidak usah melebar ke mana-mana.

2. Proses penyerahan

Proses penyerangan kenangan akan makin Gong bila dilakukan saat selesai menyampaikan materi atau sebelum para peserta keluar ruangan.

Akan makin mudah dan nyaman bila proses penyerahan ini dimasukkan dalam run down acara seminarnya. Selain itu, Anda juga harus memaksimalkan tugas moderator seminar untuk melakukan proses penyerahan kenangannya.

3. Tingkat keamanan

Pastikan bahwa kenang-kenangan yang Anda berikan aman untuk dibawa pulang. Mudah disimpan dan tidak menyulitkan pembicara saat membawanya.

Jika bahan yang dipakai adalah kaca yang mudah pecah, pastikan untuk mengemasnya dengan baik agar kacanya tetap aman dan selamat sampai rumah. Selain itu, pastikan juga bahannya aman dan tidak menyakiti orang yang membawanya.

4. Sampaikan dengan tulus

Proses penyerahan kenangan harus dilakukan dengan hikmat dan tulus. Ketulusan inilah yang akan membuat kenangannya makin bernilai.

Surat ucapan terima kasih

Selain bisa dalam bentuk plakat dan kenang-kenangan sebagaimana disampaikan di atas, ucapan terima kasih untuk pembicara seminar juga bisa ditulis dalam bentuk surat.

Jadi, konsepnya seperti saat membuat surat permohonan pembicara namun kontennya saja yang berbeda. Format penulisan seperti layaknya surat resmi namun sifatnya bukan sebagai permohonan melainkan sebagai surat keterangan.

Karena merupakan surat keterangan, konten suratnya harus cukup jelas menerangkan mengenai peran seseorang sebagai pembicara, tema acaranya, hingga waktu pelaksanaan kegiatannya.

Surat keterangan ucapan terima kasih ini juga harus dibuat resmi dengan menggunakan kop surat kemudian ditanda tangani oleh orang yang berwenang. Bubuhan stempel resmi juga diperlukan.

Agar makin lengkap, Anda juga bisa menambahkan seminar kit untuk pembicara. Seminar kit seperti tas seminar, buku catatan, hingga alat tulis akan sangat bermanfaat.

Untuk menyiapkan ucapan terima kasih untuk pembicara, kenangan, hingga perlengkapannya, Anda butuh persiapan yang baik dan detail. Maka dari itu, agar tidak terlalu ribet kami bantu dengan menyediakan seminar kit-nya. Silakan hubungi kami segera untuk info lebih lanjut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp