5 Kegunaan Sertifikat Seminar yang Perlu Anda Tahu!

5 Kegunaan Sertifikat Seminar yang Perlu Anda Tahu!

23 Sep 2022 08:56:54

Jangan anggap remeh! Kegunaan sertifikat seminar itu penting untuk akademik dan karier Anda. Jadi, rajinlah ikut dan kumpulkan sertifikatnya.

Seminar merupakan salah satu kegiatan akademik yang sering diselenggarakan di kampus. Orang yang mengikuti acara ini nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti keikutsertaan.

Sertifikat semacam ini biasanya menerangkan bahwa seseorang pernah menjadi peserta atau bahkan pemateri dalam sebuah forum pelatihan atau workshop.

Dalam sertifikatnya juga disebutkan topik atau tema seminarnya. Hal ini tentu baik karena bisa membuat si penerima dianggap mengerti atau minimal pernah belajar mengenai tema tersebut.

Lebih detail mengenai fungsi sertifikat pelatihan dan semacamnya akan kami ulas dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Manfaat ikut seminar, pelatihan, dan workshop

Sebelum membahas tentang kegunaan sertifikat seminar, ada baiknya Anda mengerti dulu manfaat mengikuti seminarnya.

Manfaat ikut seminar, pelatihan, dan workshop

Sebagai istilah yang merujuk ke bidang akademik, acara ini memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Menambah ilmu sesuai temanya

Setiap pelatihan atau kegiatan akademik yang melibatkan forum biasanya memiliki topik tertentu, misalnya topik tentang seminar kepemudaan atau yang lainnya.

Nah, dengan mengikuti kegiatannya, Anda akan mendapatkan ilmu sesuai dengan konten bertema tersebut.

Meskipun bidang yang Anda tekuni tidak sama, tidak ada masalah. Sebab, kegiatan semacam ini berlaku umum dan bisa diikuti oleh siapa saja.

2. Memperbanyak dan memperluas jaringan

Saat menghadiri seminar, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Orang-orang inilah yang akan menjadi relasi atau network bila Anda mau berkenalan dan membina hubungan baik.

3. Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum

Dalam kegiatan akademik ini, ada pembicara, moderator, dan peserta. Semuanya memiliki kesempatan untuk berbicara, meskipun porsinya berbeda-beda.

Dengan adanya kesempatan ini, seluruh orang yang datang bisa memperdalam kemampuannya dalam berbicara secara publik. Artinya, acara seperti ini berpeluang meningkatkan kemampuan public speaking.

4. Memperdalam wawasan di berbagai bidang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, acara ini biasanya terbuka untuk umum atau bisa diikuti oleh siapa saja.

Maka dari itu, dengan mengikutinya Anda berpeluang besar untuk meningkatkan wawasan di berbagai bidang.

Misalnya, Anda adalah mahasiswa Matematika, tapi ingin tahu tentang politik. Maka, saat ada seminar tentang politik, Anda pun bisa mengikutinya dengan leluasa.

5. Bisa sharing dan diskusi dengan ahlinya langsung

Menariknya lagi, di sini Anda bebas berkenalan dan berdiskusi dengan pakar-pakar lain. Sharing dan diskusi ini akan menambah keilmuan dari sisi yang berbeda sekaligus mempertajam skill dalam berkomunikasi.

Kegunaan sertifikat seminar

Perlu diketahui bahwa saat ini bentuk sertifikat sudah berbeda. Bila dulu hanya ada jenis hard copy, kini sudah ada e-sertifikat. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama.

Kegunaan sertifikat seminar

Di bawah ini adalah beberapa kegunaan e-sertifikat dan sertifikat biasa yang perlu Anda tahu:

1. Menambah nilai saat melamar kerja

Saat melamar kerja, pendidikan dan pengalaman adalah salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan.

Jika Anda sering mengikuti acara seminar dan melampirkan sertifikatnya, maka hal ini akan menjadi nilai tambah. Para HRD atau tim seleksi akan melihatnya sebagai nilai positif yang membuatnya unik dari pelamar lain.

2. Memenuhi CV

Kategori yang ada dalam CV biasanya sangat banyak. Mulai dari identitas diri, pengalaman organisasi, pendidikan, skill lain yang dimiliki, hingga seminar atau pelatihan yang pernah diikuti.

Dengan mengikuti seminar, Anda bisa menuliskan pengalaman mengikutinya di kategori pelatihan. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan deskripsi singkat yang menggambarkan topik seminarnya agar semakin meyakinkan.

3. Menambah angka kredit mahasiswa

Setiap mahasiswa biasanya diwajibkan mengikuti seminar. Bahkan kadang ada dosen yang sengaja meliburkan kelas hanya agar mahasiswanya mengikuti seminar tertentu terkait bidang ajarnya.

Hal ini karena seminar selain bisa menambah ilmu, juga bisa menambah angka kredit. Saking pentingnya, jumlah seminarnya harus dihitung dan memenuhi batas tertentu agar mahasiswa yang bersangkutan bisa maju seminar proposal guna pengerjaan tugas akhir.

4. Sebagai koleksi pribadi

Dengan banyaknya sertifikat, Anda bisa menyimpannya sendiri, dijadikan kenangan, atau koleksi pribadi.

5. Memperkuat personal branding

Sertifikat seminar yang berhubungan dengan bidang kerja dan berlaku bisa Anda pakai sebagai personal branding. Bahkan, ada pula yang memajang sertifikatnya di tembok guna membina kepercayaan dengan para klien.

Itulah beberapa kegunaan sertifikat seminar yang harus Anda tahu. Apabila Anda sedang mempersiapkan seminar dan butuh perlengkapan lengkap, maka kami produsen tas seminar siap membantu. CV Oscas Indonesia memiliki tim yang berpengalaman dan siap mengerjakan order tepat waktu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp