Teks Susunan Acara Penutupan Bimtek untuk MC

Teks Susunan Acara Penutupan Bimtek untuk MC

02 Nov 2022 09:27:53

Yuk buat teks susunan acara penutupan Bimtek yang baik agar tidak membosankan dan tetap bikin semangat.

Sebagai MC, Anda hanya perlu membuat rangkaian kalimat dengan baik dan mengemas acara formal ini secara menarik. Jangan bertele-tele dan tetaplah fokus pada tujuan utama penutupan acara ini.

Kami akan membahas contoh rundown acaranya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Tips membuat teks penutupan acara pelatihan

Apa pun kegiatannya, seorang MC sudah harus siap dengan teks umum saat hendak memandu sebuah acara. Termasuk Bimtek.

Tips membuat teks penutupan acara pelatihan

Bedanya, Bimtek merupakan kegiatan formal sehingga Anda harus memperhatikan pilihan kalimatnya. Selain itu, perhatikan juga tata cara memandunya. Misalnya dengan tampil formal, memilih bahasa yang baku, dan yang lainnya.

Lebih detail, di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyusun teks susunan acara penutupan kegiatan formal:

1. Menggunakan bahasa formal

Saat menyusun teks rundown acara, Anda harus menggunakan bahasa baku. Pilihan katanya harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Misalnya, mengganti aku dengan kami atau saya. Tergantung subyek mana yang Anda ambil.

Jika sudah mengambil salah satu subyek, maka gunakan pilihan subyek tersebut sampai akhir acara.

2. Tidak bertele-tele

Berbeda dengan acara semi atau non formal, di mana Anda bisa guyon atau bercanda, di acara resmi semacam ini diharapkan MC tidak bertele-tele. Fokus pada susunan acara dan jalannya acara saat itu.

Jangan ada guyonan, humor, atau hal-hal yang tidak perlu dengan tujuan menghidupkan suasana. Cukup fokus pada teks dan susunan acaranya saja.

3. Menggunakan kalimat efektif

Pilihlah kalimat efektif. Kalimat-kalimat yang langsung pada intinya atau to the point. Dengan begitu, hal-hal yang mau disampaikan bisa diterima dengan cepat oleh seluruh peserta yang hadir.

4. Berpenampilan formal dan menjaga kerapian

Untuk membawakan acara formal, Anda pun harus berpenampilan formal. Pakailah kemeja dan berdandanlah yang rapi untuk menghargai acaranya.

5. Melafalkan dengan jelas

Lafalkan dengan jelas dan tegas agar seluruh peserta atau yang hadir di kegiatan tersebut bisa mendengarkannya dengan baik.

Kerangka susunan acara

Untuk mempermudah dalam penyusunan rundown kegiatannya, berikut ini poin kerangkanya:

1. Bagian pembukaan

Pembukaan ini berisi pembacaan judul acara, basmalah, rasa terima kasih kepada Tuhan, hingga mengajak peserta untuk membuka acara dengan membaca fatihah.

Anda bisa menambahi atau mengurangi rentetannya. Tinggal disesuaikan saja dengan jenis kegiatan yang dilakukan dan konsepnya.

2. Laporan dari ketua pelaksana

Ketua pelaksana memberikan laporan hasil bimbingan teknis yang sudah dilaksanakan oleh panitia. Pada bagian ini, Anda harus punya redaksional yang baik untuk mempersilakan ketua pelaksana mengambil alih acara.

3. Penyerahan sertifikat

Setelah diumumkan oleh ketua pelaksana, berikutnya adalah penyerahan sertifikat berdasarkan pencapaian masing-masing.

Penyerahan sertifikat ini biasanya dilakukan secara simbolis saja. Hal ini karena peserta Bimtek biasanya sampai puluhan orang. Bila diberikan satu per satu ketika acara, maka akan kehabisan waktu. Selain itu, jalannya acara akan terasa cukup membosankan.

Maka dari itu, sebelum acara pihak panitia harus sudah memilih peserta yang akan menerima sertifikat secara simbolis. Biasanya adalah peserta yang hasilnya bagus selama Bimbingan Teknis dijalankan.

4. Arahan dan penutupan acara

Dalam sebuah kegiatan, selain ketua pelaksana tentu akan hadir pula tokoh yang memegang kendali atas kegiatan tersebut. Misalnya, rektor, dekan, kepala dinas, perwakilan narasumber bimtek, atau pejabat lain yang masuk kategori undangan.

Pihak panitia biasanya sudah mengantongi sebuah nama tokoh atau pejabat yang akan memberikan arahan akhir kepada peserta yang mengikuti Bimtek.

Nama inilah yang harus Anda sebut dengan benar dan sopan. Persilakan untuk memberikan arahan sekaligus menutup acaranya.

5. Menyanyikan lagu

Berikutnya, Anda bisa memasukkan acara menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Garuda Pancasila, atau mars dari organisasi.

Poin acara ini bersifat opsional yang mana Anda bisa meninggalkannya atau tidak perlu dilakukan. Tergantung konsep acaranya seperti apa.

6. Pembacaan doa dan penutup

Selanjutnya, silakan tutup acaranya dengan doa dan kalimat penutup secara simbolis. Biasanya panitia sudah berbicara dengan pejabat terkait untuk melakukan hal ini. MC tinggal mempersilakan saja.

Contoh teks susunan acara penutupan Bimtek

Contoh teks susunan acara penutupan Bimtek

Di bawah ini adalah contoh teks rundown acara penutupan Bimbingan Teknis:

Pembukaan

Bismillah, dst. Puji syukur kehadirat Allah karena hari ini kita bisa berkumpul dalam acara penutupan Bimtek dengan judul “…”. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.

Kami selaku MC akan membacakan susunan acara: dst.

Mari kita buka acara ini dengan bacaan basmalah.

Berikutnya, laporan dari ketua pelaksana, kepada bapak .. dipersilakan.

Hadirin yang berbahagia, selanjutnya adalah penyerahan sertifikat secara simbolis yang akan diwakili oleh … dan oleh …

Kepada bapak … kami mohon kesediaannya untuk menyerahkan sertifikat.

Acara berikutnya yakni arahan dan penutupan dari …., kepada beliau disilakan.

Selanjutnya mari kita nyanyikan lagu Bagimu Negeri, hadirin dimohon berdiri.

Terakhir penutup dan doa yang akan dibacakan oleh Bapak KH … kepada beliau kami silakan.

Itulah contoh susunan acara penutupan bimtek yang bisa Anda gunakan. Kalau butuh tas untuk perlengkapan bimtek, tim Oscas Indonesia siap membantu. Sebagai tim produsen tas seminar terbaik di Indonesia, kami akan membantu membuat tas berkualitas dalam tempo cepat sesuai kesepakatan. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp